6 Pantai Paling Eksotik di Nusa Penida

pasih uug


NUSA PENIDA, Hamparan pasir putih, pemandangan pohon kelapa yang bergoyang diterpa angin serta pemandangan bawah laut yang mempesona, akan menggoda para pengunjung untuk mengencaninya. Seperti gadis cantik, membuat seseorang terpaku akan kecantikan indahnya pantai di Nusa Penida.

Pantai, kebanyak orang kenal hanya pantai Sanur, Kuta dan Nusa Dua. Ternyata, Nusa Penida banyak memiliki pantai yang mempesona. Destinasi wisata yang dimiliki Nusa Penida sebagain besar belum diketahui keberadaannya. Tersembunyi.
 Pemandangan ini sangat fantasi dengan matahari, laut yang indah dan hamparan pasih putih, menjadikan Nusa Penida sebagai satu kawasan dengan pemandangan pantai menawan.

 suwehan
Menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Klungkung I Wayan Sujana, Rabu (9/9/2015), Nusa Penida salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dikunjungi. Dikenal sebagai penghasil rumput laut dan wisata spiritual, Nusa Penida juga menyimpan budaya yang adi luhung seperti nimpung (Semaya, Desa Suana), ngadegang (Batununggul) dan tari sacral seperti Jangkang Pelilit, Gambuh & Gandrung Bangunurip.
“ social media sangat menjadi peranan mempromosikan wisata yang ada di Nusa Penida. Sejak diadakannya Festifal Nusa Penida yang pertama tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Tidak hanya wisatawan mancanegara, wisatawan domestikpun mulai berdatangan bahkan penduduk dari pulau sebelah baik Lembongan dan Jungutbatu mulai berdatangan untuk menikmati keindahan Nusa penida yang terpendam. Hal ini bisa menjadi bukti promosi Nusa Penida sudah berhasil, “ jelasnya Sujana.



Berikut 6 pantai terindah di Nusa Penida yang belum diketahui :
Suwehan, Tanglad

 Pantai Suwehan yang berada di ujung tenggara Nusa Penida lebih tepatnya dusun Watas, Desa Tanglad. Tebing menjulang tinggi menyapa pengunjung, menuruni jalan setapak. Dari atas terlihat hamparan pasir putih yang menggoda. Deras tetes keringat menuruni tebing seketika menguap melihat
hamparan pasir putihnya yang tebal dan lembut. Ditengah pantai terdapat bukit kecil berbentuk segitiga menjadi ciri khas pantai ini.

Atuh, Pejukutan

Pantai spektakuler ini diapit tiga pulau kecil, 3 kilmeter dari pemukiman warga Dusun Pelilit. Sepanjang perjalanan menuruni tebing dengan ukuran pejalan kaki samping kiri lembah dan kanan biru samudra, seakan membawa menembus cakrawala. Dikeliling oleh pemandangan tebing menjulang, pantai ini kerap menjadi magnet para fotografer mengabadikan. Matahari terbit menjadi incaran mata lensa yang membidiknya. Yang menarik dari pantai ini adalah pulau kecil membentang pantai dengan ujung berbentuk lancip ditengah terdapat lubang yang mengaga, ombak dengan gagahnya masuk lubang tersebut.

Kelingking, Bungamekar

Pantai Kelingking lebih dikenal dengan Paluang. Karena kawasan ini masuk kawasan Pura Paluang dengan pelinggih mobil. Sebelah barat, persisnya samping pura. Diatas tebing memandang ke bawah, hamparan pasir putih lembut akan memanggil anda untuk turun. Tapi, hati-hati diharuskan ada pemandu untuk menuruni tebing. Curam tebing akan menjadi masalah anda. Nikmatnya, melihat dari atas keanggunan pantai ini.
Pasih Uug, Angel Billabong dan Pasih Andus, Bungamekar

 Angel Billabong
Pantai dengan pemandangan yang aneh, pasalnya dilihat dari atas lingkaran tebing seolah-olah dikeruk. Tapi, inilah kebesaran Tuhan. Disepanjang lingkaran, coral nampak jelas terlihat. Anehnya di Pasih Uug, bagian selatan tebing seperti jembatan. Inilah penyebab pantai disebut oleh masyarakat pasih uug kalau diartikan bahasa Indonesia pantai ancur. Hancurnya daratan berpuluh-puluh tahun menghasilakn pemandangan eksotik. Banyak wisdom dan wisaman berfoto ria dengan latar pantai ini. Meski dipenuhi tebing tinggi, bukan berarti pantai ini tidak memiliki pasir. Justru pantai ini memiliki pasir pantai yang lembut dan putih yang ada di bawah tebing.

Disebelah pasih uug, juga tak kalah menarik pemandangan bebatuan dengan kolam alami berbentuk seperti ombak. Dengan bentuknya seperti itu para penggunjung khususnya wisatawan asing memberikan nama kawasan ini dengan Angel Billabong. Waktu paling tepat berkunjung yakni saat air laut surut. Kolam dengan air jernih akan membawa penggunjung bebas berenang dengan latar lautan biru. 
pasih uug (broken beach )
Masih satu kawasan di Sompang , Desa Bungamekar, sebelah utara tempat wisata ini sangat spetakuler. Tempat wisata ini dinamakan Pasih Andus, hembusan ombak dari bawah tebing mengucur deras menghasilkan uap air menjulang tinggi. Moment ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk selfie.

Pandanbay, Sakti

Pandan Bay salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. Pandan Bay terletak bersebelahan dengan Crytal Bay yang masih wilayah Banjar Penida, Desa Sakti, Nusa Penida. Kondisi airnya sama seperti Crytalbay. Dari Crytalbay berjalan menyusuri bukit lingga 1 kilometer. Bagi pengunjung yang suka trekking Pandanbay tempatnya. 

Trekking disini, naik bukit turun bukit yang melehkan, namun akan terbayar dengan pamandangan yang laur biasa. Sajian alam yang masih natural menyambut pengunjung setelah sampai di pantai. Deburan ombak yang gemuruh seakan-akan pengunjung berada di daerah tanpa penghuni. Pandanbay merupakan teluk kecil yang masih natural.  Beberapa pengunjung menikmati pemadangan pantai ini hingga camping . tidak terlewatkan suasana pagi menjadi alasan pengunjung yang camping. 


Suasana nyaman, tenang yang jauh dari hingar-bingar kebisingan. Bila ingin berenang dianjurkan pengunjung berhati-hati, ombak di Pandanbay sangat besar dan juga ombak akan menyeret pengunjung ke dalam.  Hamparan pasir putih serta suara alam pengunjung akan ingin betah lama-lama .


Crystalbay & Gamatbay, Sakti

 crystalbay
Satu-satu dari sekian banyak pantai yang ada di Nusa Penida , pantai inilah paling dikenal dan menjadi agenda wajib jika berkunjung di Nusa Penida.

Jika Anda tipe wisatawan yang lebih memilih snorkeling  ketimbang sekadar berjemur, pantai ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Indah dan bening air laut, menjadikan pantai ini lokasi yang tepat untuk snorkeling. Oleh karena itu, di kawasan Pantai ini paling menjadi favorit pengunjung. Jika pengunjung mengingankan moment sunset datanglah pada waktu sore hari.

Yuk ! kungjungi Nusa Penida

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. 6 PANTAI PALING EKSOTIK DI NUSA PENIDA...Masak Nu masih Diam membisu...mana swaranya orang orang nusa penida....ngak kasian kalian 6 PANTAI PALING EKSOTIK DI NUSA PENIDA ini hilang nanti Mari TOLAK REKLAMASI TELUK BENOA supaya 6 PANTAI PALING EKSOTIK DI NUSA PENIDA tetap terjaga.....SALAM ‪#‎TOLAKREKLAMASITELUKBENOA‬

    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.